Jumat, 04 Agustus 2023

ANXIETY

 

ANXIETY ATAU GANGGUAN KECEMASAN




 

Apa itu gangguan kecemasan?

Gangguan kecemasan adalah jenis kondisi kesehatan mental. Jika Anda memiliki gangguan kecemasan, Anda mungkin merespons hal-hal dan situasi tertentu dengan ketakutan dan ketakutan. Anda mungkin juga mengalami tanda-tanda kecemasan fisik, seperti jantung berdebar dan berkeringat.

Itu normal untuk memiliki beberapa kecemasan. Anda mungkin merasa cemas atau gugup jika harus mengatasi masalah di tempat kerja, pergi ke wawancara, mengikuti tes, atau membuat keputusan penting. Dan kecemasan bahkan bisa bermanfaat. Misalnya, kecemasan membantu kita memperhatikan situasi berbahaya dan memfokuskan perhatian kita, sehingga kita tetap aman.

Tetapi gangguan kecemasan melampaui kegugupan biasa dan sedikit ketakutan yang mungkin Anda rasakan dari waktu ke waktu. Gangguan kecemasan terjadi ketika:

  • Kecemasan mengganggu kemampuan Anda untuk berfungsi.
  • Anda sering bereaksi berlebihan ketika ada sesuatu yang memicu emosi Anda.
  • Anda tidak dapat mengontrol respons Anda terhadap situasi.

Gangguan kecemasan dapat membuat Anda sulit menjalani hari. Untungnya, ada beberapa perawatan efektif untuk gangguan kecemasan.

Klinik Cleveland adalah pusat medis akademik nirlaba. Beriklan di situs kami membantu mendukung misi kami. Kami tidak mendukung produk atau layanan non-Cleveland Clinic. Kebijakan

Siapa yang berisiko mengalami gangguan kecemasan?

Campuran faktor genetik dan lingkungan dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengembangkan gangguan kecemasan. Anda mungkin berisiko lebih tinggi jika Anda pernah atau pernah mengalami:

  • Ciri-ciri kepribadian tertentu, seperti rasa malu atau hambatan perilaku — merasa tidak nyaman dengan, dan menghindari, orang, situasi, atau lingkungan yang tidak dikenal.
  • Peristiwa stres atau traumatis pada anak usia dini atau dewasa.
  • Riwayat kecemasan keluarga atau kondisi kesehatan mental lainnya.
  • Kondisi fisik tertentu, termasuk masalah tiroid dan aritmia jantung (irama jantung yang tidak biasa).

Gangguan kecemasan lebih sering terjadi pada wanita. Para peneliti masih mempelajari mengapa hal itu terjadi. Ini mungkin berasal dari hormon wanita, terutama yang berfluktuasi sepanjang bulan. Hormon testosteron mungkin berperan juga - pria memiliki lebih banyak, dan dapat mengurangi kecemasan. Mungkin juga wanita cenderung tidak mencari pengobatan, sehingga kecemasannya memburuk.

Apa saja jenis gangguan kecemasan?

Ada beberapa jenis gangguan kecemasan, antara lain:

Kondisi kesehatan mental lainnya berbagi fitur dengan gangguan kecemasan. Ini termasuk gangguan stres pasca-trauma dan gangguan obsesif-kompulsif .

Apa itu gangguan kecemasan umum (GAD)?

Dengan GAD, Anda mungkin merasakan kekhawatiran dan ketegangan yang ekstrem dan tidak realistis — bahkan jika tidak ada yang memicu perasaan ini. Hampir setiap hari, Anda mungkin sangat khawatir tentang berbagai topik, termasuk kesehatan, pekerjaan, sekolah, dan hubungan. Anda mungkin merasa bahwa kekhawatiran berlanjut dari satu hal ke hal berikutnya.

Gejala fisik GAD dapat berupa kegelisahan, kesulitan berkonsentrasi, dan masalah tidur.

Apa itu gangguan panik?

Jika Anda memiliki gangguan panik, Anda mengalami serangan panik yang tiba-tiba dan intens. Serangan ini sering menampilkan perasaan yang lebih kuat dan lebih intens daripada jenis gangguan kecemasan lainnya.

Perasaan teror mungkin mulai tiba-tiba dan tidak terduga atau mungkin datang dari pemicu, seperti menghadapi situasi yang Anda takuti. Serangan panik bisa menyerupai serangan jantung. Jika ada kemungkinan Anda mengalami serangan jantung, pergilah ke ruang gawat darurat. Lebih baik berbuat salah di sisi hati-hati dan meminta profesional kesehatan untuk memeriksa Anda.

Selama serangan panik, Anda mungkin mengalami:

Serangan panik sangat menjengkelkan. Orang dengan gangguan panik sering menghabiskan banyak waktu untuk mengkhawatirkan serangan panik berikutnya. Mereka juga berusaha menghindari situasi yang mungkin memicu serangan.

Apa itu fobia?

Fobia adalah ketakutan yang intens terhadap situasi atau objek tertentu. Beberapa ketakutan ini mungkin masuk akal, seperti ketakutan akan ular. Namun seringkali, tingkat ketakutannya tidak sesuai dengan situasi.

Seperti gangguan kecemasan lainnya, Anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk mencoba menghindari situasi yang dapat memicu fobia.

Fobia spesifik, atau fobia sederhana, adalah ketakutan yang kuat terhadap objek atau situasi tertentu. Ini dapat menyebabkan Anda menghindari situasi sehari-hari. Beberapa fobia spesifik termasuk ketakutan akan:

  • Hewan, seperti laba-laba, anjing atau ular.
  • Darah.
  • Penerbangan.
  • Ketinggian.
  • Suntikan (tembakan).

Gangguan kecemasan sosial

Penyedia layanan kesehatan biasa menyebut kondisi ini fobia sosial. Anda mungkin memiliki kekhawatiran dan kesadaran diri yang luar biasa dengan situasi sosial sehari-hari. Anda mungkin khawatir tentang orang lain yang menilai Anda atau Anda mungkin cemas bahwa Anda akan mempermalukan diri sendiri atau membuka diri terhadap ejekan. Orang dengan gangguan kecemasan sosial mungkin menghindari situasi sosial sepenuhnya.

Agorafobia

Jika Anda menderita agorafobia , Anda mungkin sangat takut akan kewalahan atau tidak bisa mendapatkan bantuan. Biasanya, Anda takut pada dua atau lebih lingkungan berikut:

  • Ruang tertutup.
  • Garis atau kerumunan.
  • Ruang terbuka.
  • Tempat di luar rumah Anda.
  • Kendaraan umum.

Dalam situasi yang parah, penderita agorafobia mungkin tidak meninggalkan rumah sama sekali. Mereka sangat takut mengalami serangan panik di depan umum sehingga mereka lebih memilih untuk tetap di dalam.

Apa itu gangguan kecemasan perpisahan?

Kondisi ini kebanyakan terjadi pada anak-anak atau remaja, yang mungkin khawatir jauh dari orang tua. Anak-anak dengan gangguan kecemasan akan perpisahan mungkin takut orang tua mereka akan terluka atau tidak kembali seperti yang dijanjikan. Ini banyak terjadi pada anak prasekolah. Tetapi anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa yang mengalami peristiwa yang membuat stres mungkin juga mengalami gangguan kecemasan akan perpisahan.

Seberapa umumkah gangguan kecemasan?

Gangguan kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang paling umum di AS. Mereka mempengaruhi sekitar 40 juta orang Amerika. Mereka terjadi pada hampir 30% orang dewasa di beberapa titik. Gangguan kecemasan paling sering dimulai pada masa kanak-kanak, remaja atau dewasa awal.

Bagaimana gangguan kecemasan mempengaruhi anak-anak?

Adalah normal bagi anak-anak untuk merasakan kecemasan, kekhawatiran, atau ketakutan pada titik-titik tertentu. Misalnya, seorang anak mungkin merasa takut akan badai petir atau anjing yang menggonggong. Seorang remaja mungkin cemas tentang ujian atau dansa sekolah yang akan datang.

Namun terkadang, anak-anak mendekati situasi ini dengan rasa takut yang luar biasa atau mereka tidak dapat berhenti memikirkan semua ketakutan yang terkait dengan salah satu peristiwa tersebut. Tampaknya tidak ada kenyamanan Anda yang membantu. Anak-anak ini sering “terjebak” pada kekhawatiran mereka. Mereka kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti pergi ke sekolah, bermain, dan tertidur. Mereka sangat enggan untuk mencoba sesuatu yang baru.

Saat memikirkan tingkat kecemasan anak Anda, "macet" adalah kuncinya. Ini memisahkan kekhawatiran masa kanak-kanak biasa dari gangguan kecemasan yang membutuhkan bantuan profesional. Jika kecemasan atau kekhawatiran mengganggu kemampuan anak Anda untuk berfungsi, mungkin sudah saatnya mencari bantuan

GEJALA DAN PENYEBAB

Apa yang menyebabkan gangguan kecemasan?

Gangguan kecemasan seperti bentuk lain dari penyakit mental. Itu tidak datang dari kelemahan pribadi, kekurangan karakter atau masalah dalam pengasuhan. Namun para peneliti tidak tahu persis apa yang menyebabkan gangguan kecemasan. Mereka menduga kombinasi faktor berperan:

  • Ketidakseimbangan kimia: Stres yang parah atau berkepanjangan dapat mengubah keseimbangan kimiawi yang mengontrol suasana hati Anda. Mengalami banyak stres dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan kecemasan.
  • Faktor lingkungan: Mengalami trauma dapat memicu gangguan kecemasan, terutama pada seseorang yang mewarisi risiko lebih tinggi untuk memulai.
  • Keturunan: Gangguan kecemasan cenderung diturunkan dalam keluarga. Anda mungkin mewarisinya dari salah satu atau kedua orang tua, seperti warna mata.

Apa saja gejala gangguan kecemasan?

Gejala bervariasi tergantung pada jenis gangguan kecemasan yang Anda miliki. Gejala umum gangguan kecemasan meliputi:

Gejala fisik:

  • Tangan dingin atau berkeringat.
  • Mulut kering .
  • Palpitasi jantung.
  • Mual .
  • Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki.
  • Ketegangan otot.
  • Sesak napas

Gejala mental:

  • Merasa panik, takut, dan gelisah.
  • Mimpi buruk.
  • Pikiran berulang atau kilas balik dari pengalaman traumatis.
  • Pikiran obsesif yang tak terkendali.

Gejala perilaku:

  • Ketidakmampuan untuk diam dan tenang.
  • Perilaku ritualistik, seperti mencuci tangan berulang kali.
  • Sulit tidur.

Bagaimana saya tahu jika anak saya memiliki gangguan kecemasan?

Masalah terkait kecemasan pada anak-anak memiliki empat ciri umum. Kegelisahan:

  • Biasanya rasa takut atau fiksasi yang mengganggu kemampuan untuk menikmati hidup, melewati hari atau menyelesaikan tugas.
  • Membingungkan bagi anak dan orang tua.
  • Tidak membaik setelah penjelasan logis untuk mengatasi kekhawatiran.
  • Dapat diobati.

DIAGNOSIS DAN TES

Bagaimana gangguan kecemasan didiagnosis?

Jika Anda memiliki gejala gangguan kecemasan, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Mereka akan mulai dengan riwayat medis lengkap dan pemeriksaan fisik .

Tidak ada tes laboratorium atau pemindaian yang dapat mendiagnosis gangguan kecemasan. Tetapi penyedia Anda mungkin menjalankan beberapa tes ini untuk mengesampingkan kondisi fisik yang mungkin menyebabkan gejala.

Siapa yang dapat mendiagnosis gangguan kecemasan?

Jika penyedia Anda tidak menemukan tanda-tanda penyakit fisik, mereka mungkin merujuk Anda ke psikiater atau psikolog. Para profesional kesehatan mental ini berspesialisasi dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit mental. Mereka mungkin menggunakan alat wawancara dan penilaian yang dirancang khusus untuk mengetahui apakah Anda memiliki gangguan kecemasan. Biasanya, penyedia mendasarkan diagnosis pada:

  • Gejala yang Anda laporkan, termasuk seberapa intens dan berapa lama berlangsung.
  • Diskusi tentang bagaimana gejala mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.
  • Pengamatan penyedia terhadap sikap dan perilaku Anda.

Penyedia juga berkonsultasi dengan Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5). American Psychiatric Association menerbitkan DSM-5. Ini adalah manual referensi standar untuk mendiagnosis penyakit mental.

PENATALAKSANAAN DAN PENGOBATAN

Bagaimana gangguan kecemasan diobati?

Gangguan kecemasan sama seperti masalah kesehatan lainnya yang membutuhkan pengobatan. Anda tidak bisa menghilangkannya. Ini bukan masalah disiplin diri atau sikap. Para peneliti telah membuat banyak kemajuan dalam beberapa dekade terakhir dalam merawat kondisi kesehatan mental. Penyedia layanan kesehatan Anda akan menyesuaikan rencana perawatan yang sesuai untuk Anda. Rencana Anda dapat menggabungkan pengobatan dan psikoterapi.

Bagaimana obat mengobati gangguan kecemasan?

Obat-obatan tidak dapat menyembuhkan gangguan kecemasan. Tapi mereka bisa memperbaiki gejala dan membantu Anda berfungsi lebih baik. Obat untuk gangguan kecemasan sering meliputi:

  • Obat anti-kecemasan, seperti benzodiazepin , dapat mengurangi kecemasan, kepanikan, dan kekhawatiran Anda. Mereka bekerja dengan cepat, tetapi Anda dapat membangun toleransi terhadapnya. Itu membuat mereka kurang efektif dari waktu ke waktu. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin meresepkan obat anti-kecemasan untuk jangka pendek, kemudian menguranginya atau penyedia dapat menambahkan antidepresan ke dalam campuran.
  • Antidepresan juga dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan. Mereka mengubah cara otak Anda menggunakan bahan kimia tertentu untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Antidepresan mungkin membutuhkan waktu untuk bekerja, jadi bersabarlah. Jika Anda merasa siap untuk berhenti minum antidepresan, bicarakan dengan penyedia Anda terlebih dahulu.
  • Beta-blocker, biasanya digunakan untuk tekanan darah tinggi , dapat membantu mengurangi beberapa gejala fisik dari gangguan kecemasan. Mereka dapat meredakan detak jantung yang cepat, gemetar dan gemetar.

Penyedia layanan kesehatan Anda akan bekerja sama dengan Anda untuk menemukan kombinasi dan dosis obat yang tepat. Jangan mengubah dosis tanpa berkonsultasi dengan penyedia Anda. Mereka akan memantau Anda untuk memastikan obat bekerja tanpa menimbulkan efek samping negatif.

Bagaimana psikoterapi mengobati gangguan kecemasan?

Psikoterapi, atau konseling, membantu Anda mengatasi respons emosional terhadap penyakit. Penyedia kesehatan mental berbicara melalui strategi untuk membantu Anda lebih memahami dan mengelola gangguan tersebut. Pendekatan meliputi:

  • Terapi perilaku kognitif (CBT) adalah jenis psikoterapi yang paling umum digunakan dengan gangguan kecemasan. CBT untuk kecemasan mengajarkan Anda untuk mengenali pola pikir dan perilaku yang menimbulkan perasaan menyusahkan. Anda kemudian bekerja untuk mengubahnya.
  • Terapi pemaparan berfokus pada mengatasi ketakutan di balik gangguan kecemasan. Ini membantu Anda terlibat dengan aktivitas atau situasi yang mungkin Anda hindari. Penyedia Anda juga dapat menggunakan latihan relaksasi dan citra dengan terapi paparan.

Apa yang terjadi jika saya tidak mendapatkan perawatan untuk anak saya yang mengalami gangguan kecemasan?

Mendapatkan bantuan anak Anda untuk gangguan kecemasan dapat meningkatkan perkembangan dan harga diri mereka. Tetapi gangguan kecemasan yang tidak diobati dapat membahayakan:

  • Hubungan keluarga.
  • Prestasi sekolah.
  • Fungsi sosial.

Anak Anda mungkin juga mengalami masalah kesehatan mental dan fisik yang lebih serius. Untungnya, ada beberapa pengobatan untuk gangguan kecemasan. Perawatan yang tepat dapat membantu anak Anda mengelola gejalanya dan merasakan yang terbaik.

PENCEGAHAN

Bisakah gangguan kecemasan dicegah?

Anda tidak dapat mencegah gangguan kecemasan. Tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengontrol atau mengurangi gejala Anda:

  • Periksa obat-obatan: Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan atau apoteker sebelum mengambil obat bebas atau obat herbal. Beberapa di antaranya mengandung bahan kimia yang dapat memperburuk gejala kecemasan.
  • Batasi kafein: Hentikan atau batasi jumlah kafein yang Anda konsumsi, termasuk kopi, teh, cola, dan cokelat.
  • Jalani gaya hidup sehat: Berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan seimbang.
  • Mencari bantuan: Dapatkan konseling dan dukungan jika Anda mengalami peristiwa traumatis atau mengganggu. Melakukan hal itu dapat membantu mencegah kecemasan dan perasaan tidak menyenangkan lainnya mengganggu hidup Anda.

PANDANGAN / PROGNOSIS

Bagaimana prospek orang dengan gangguan kecemasan?

Gangguan kecemasan seringkali tidak terdiagnosis dan tidak diobati. Untungnya, pengobatan dapat membantu. Perawatan yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas hidup, hubungan, dan produktivitas Anda. Itu juga dapat mendukung kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Anda tidak perlu hidup dengan kekhawatiran dan ketakutan terus-menerus. Jika Anda melihat gejala gangguan kecemasan, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Yang terbaik adalah didiagnosis dan diobati sesegera mungkin. Melakukan hal itu dapat membatasi masalah yang dapat ditimbulkan oleh gangguan kecemasan. Seringkali, kombinasi obat-obatan dan konseling untuk kecemasan dapat membantu Anda merasa lebih baik.

TINGGAL BERSAMA

Bagaimana cara terbaik saya mengatasi gangguan kecemasan?

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala gangguan kecemasan. Strategi ini juga dapat membuat perawatan Anda lebih efektif:

  • Jelajahi manajemen stres: Pelajari cara mengelola stres, seperti melalui meditasi.
  • Bergabunglah dengan grup pendukung: Grup ini tersedia secara langsung dan online. Mereka mendorong orang dengan gangguan kecemasan untuk berbagi pengalaman dan strategi koping mereka.
  • Dididik: Pelajari tentang jenis gangguan kecemasan tertentu yang Anda miliki sehingga Anda merasa lebih terkendali. Bantu teman dan orang tersayang untuk memahami gangguan tersebut juga agar mereka dapat mendukung Anda.
  • Batasi atau hindari kafein: Banyak orang dengan gangguan kecemasan menemukan bahwa kafein dapat memperburuk gejala mereka.
  • Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda: Penyedia Anda adalah mitra Anda dalam perawatan Anda. Jika Anda merasa pengobatan tidak berhasil atau memiliki pertanyaan tentang pengobatan Anda, hubungi penyedia Anda. Bersama-sama, Anda dapat mengetahui cara terbaik untuk maju.

Bagaimana sindrom iritasi usus besar (IBS) terkait dengan gangguan kecemasan?

Beberapa orang merasakan efek stres di perut mereka. Orang dengan IBS memiliki masalah pencernaan yang tidak nyaman, termasuk sakit perut , sembelit , dan diare . Mereka juga sering mengalami kecemasan dan depresi, yang dapat memperburuk gejala.

Hubungan antara IBS dan kecemasan berasal dari sistem saraf yang sebagian mengendalikan usus besar. Respons sistem saraf terhadap stres dapat memengaruhi perut. Di antara orang-orang yang dirawat karena IBS, antara 50% hingga 90% mungkin juga mengalami gangguan kecemasan atau depresi . Perawatan untuk IBS mungkin termasuk manajemen stres dan psikoterapi untuk meredakan gejala.

Kapan saya harus pergi ke ruang gawat darurat untuk gangguan kecemasan?

Gejala gangguan kecemasan dapat menyerupai gejala serangan jantung atau keadaan darurat kesehatan lainnya. Jika Anda mengalami serangan kecemasan untuk pertama kalinya, atau Anda mengkhawatirkan kesehatan Anda, hubungi 911 atau pergilah ke UGD terdekat. Penyedia layanan kesehatan akan memeriksa kondisi serius atau yang mengancam jiwa Anda.

Jika Anda mengalami serangan kecemasan dan tidak yakin apakah Anda harus pergi ke UGD atau tidak, lebih baik pergi. Profesional perawatan kesehatan dapat memastikan Anda baik-baik saja dan memberi Anda perawatan yang diperlukan.

Apa lagi yang harus saya tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan saya?

Jika Anda memiliki gangguan kecemasan, tanyakan penyedia Anda:

  • Apa pengobatan terbaik untuk saya?
  • Apakah saya perlu obat? Tipe apa?
  • Berapa lama saya harus minum obat?
  • Jenis psikoterapi apa yang paling berhasil?
  • Apa lagi yang bisa saya lakukan untuk mengelola gejala saya?
  • Kondisi apa lagi yang berisiko bagi saya?

Sebuah catatan dari Klinik Cleveland

Gangguan kecemasan dapat membuat Anda sulit menjalani hari. Gejala gangguan kecemasan meliputi perasaan gugup, panik, dan takut. Anda mungkin juga memiliki gejala fisik seperti berkeringat dan detak jantung yang cepat. Tetapi Anda tidak perlu hidup seperti ini. Beberapa perawatan gangguan kecemasan yang efektif tersedia. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengetahui diagnosis Anda dan rencana perawatan terbaik. Seringkali, pengobatan menggabungkan obat-obatan dan terapi. Obat anticemas dan antidepresan, bersama dengan CBT, dapat membantu Anda merasa lebih baik.

 

 

Meniti Hidup Tanpa Bayang-Bayang

Di bawah langit yang sama, aku melangkah. Tak menoleh pada bayang-bayang orang lain. Jejak ku....jejakku sendiri tak terbagi di ...